Text
Analisis Kualitas Makanan dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen pada RM. Sunda Rasa Kota Sukabumi
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan dan perceived value terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Deskriptif dan Asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dimulai dari penyusunan data, tabulasi data hingga tahap pengujian yaitu menggunakan koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi, regresi liniear berganda dan uji hipotesis secara simultan (uji F).
Berdasarkan hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (R2) sebesar 0,399 dapat diartikan bahwa pengaruh kualitas makanan dan perceived value terhadap kepuasan konsumen adalah 39,9% sisanya 60,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Dan berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,632 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kualitas makanan (X1) dan perceived value (X2) dengan kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil perhitungan uji F menunjukan bahwa F hitung > F tabel yaitu 32,238 > 2,36 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa secara bersama-sama kualitas makanan (X1) dan perceived value (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa kualitas makanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, perceived value (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y).
Kata Kunci: Kualitas Makanan, Perceived Value, Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain