Text
Peran Citra Destinasi Afektif Dalam Memediasi Hubungan Citra Destinasi Kognitif Terhadap Niat Wisatawan Berkunjung Kembali Ke Puncak Darma Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh Citra Destinasi Afektif dalam memediasi Citra Destinasi Kognitif terhadap Niat Wisatawan Berkunjung Kembali ke Puncak Darma. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif dan dengan pendekatan Deskriptif Asosiatif. dengan penyebaran kuesioner online sebanyak 100 responden. Teknik analisis menggunakan analisis jalur atau path analysis, pengujian hipotesis dengan (uji t), (uji f), dan uji hipotesis Sobel Test.
Hasil penelitian Citra Destinasi Kognitif dan Afektif terhadap Niat Wisata Berkunjung Kembali mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Total pengaruh sebesar 72,6% dan 27,4% di pengaruhi oleh variable lain.Uji F menunjukan F hitung > F tabel yaitu 128.725 > 2.14 Artinya terdapat pengaruh signifikan antara X1-Y-X2 secara simultan. Berdasarkan uji t (x1-y) diperoleh angka t hitung. 0.014 < t tabel 1.66088 maka tidak ada pengaruh antara X1-Y. Untuk uji t (x2-y) Maka diperoleh angka t hitung 7.77 > t tabel 1.66088 maka ada pengaruh antara X2-Y. Uji hipotesisi (sobel test) citra destinasi afektif tidak memediasi hubungan antara citra destinasi kognitif dengan nait wisatawan berkunjung kembali pada puncak darma, karena nilai yang di hasilkan lebih besar dari 0,05, sehingga tidak terjdai mediasi.
Kata Kunci: Citra Destinasi Kognitif, Citra Destinasi Afektif, Tourist Revisit intentin.
Tidak tersedia versi lain