Text
Analisis Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan pada Pengguna Shuttle CV. Global Mandiri Wisata Kota Sukabumi
CV. Global Mandiri Wisata merupakan salah satu perusahaan jasa yang menyediakan shuttle di Kota Sukabumi. Permasalahan yang ditemukan yaitu pada retensi pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek terhadap retensi pelanggan pada pengguna shuttle CV. Global Mandiri Wisata Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji statistik secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji f). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (R) sebesar 0,267 diartikan bahwa pengaruh kepuasan pelanggan (X1) dan kepercayaan merek (X2) terhadap retensi pelanggan (Y) adalah 28,1% sisanya 71,9%. Berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,531% menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan (X1) dan kepercayaan merek (X2) terhadap retensi pelanggan (Y).
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Merek, Retensi Pelanggan
Tidak tersedia versi lain