Text
Website "CRAFTPAD" sebagai Media Komunikasi Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Kriya
John Howkins mulai memperkenalkan istilah ekonomi kreatif tahun 2001. Diawali pada tahun 1997 Howkins menyadari akan adanya gelombang industri ekonomi baru yang berdasar pada kreativitas. Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia memiliki potensi yang besar dalam hal banyaknya jumlah generasi muda kreatif, populasi penduduk yang besar, dan pemerintah yang peduli. Ini merupakan modal yang baik bagi Indonesia untuk sukses dalam bidang ekonomi kreatif sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Ruang lingkup industri kreatif terdiri dari 16 subsektor dan salah satunya adalah kriya. Kriya merupakan kegiatan seni yang menitikberatkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini sudah banyak situs yang menyediakan wadah untuk berbagi informasi. Diharapkan situs khusus untuk tutorial kriya atau kerajinan yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi ataupun mencari tutorial ini nantinya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, mahasiswa dan siswa yang memiliki hobi seni kriya dalam berbagi dan membuat sebuah karya yang kreatif. Dengan dibuatnya situs ini dapat mempermudah komunikasi para pelaku ekonomi kreatif subsektor kriya dengan masyarakat umum menggunakan konsep social networking.
Kata Kunci : Ekonomi kreatif, Subsektor Kriya, Tutorial
Tidak tersedia versi lain