KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Gamifikasi pada E-Learning Program Studi Teknik Informatika
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Gamifikasi pada E-Learning Program Studi Teknik Informatika

Muhamad Ilham Firdaus - Nama Orang;

E-learning merupakan metode pembelajaran dengan mentransformasi kegiatan secara terkomputerisasi, seperti penyampaian materi, interaksi ataupun bimbingan. Permasalahan terjadi dalam proses pembelajaran khususnya pada program studi teknik informatika yaitu ketika dosen tidak dapat hadir melakukan kegiatan pembelajaran dikarenakan adanya kepentingan diluar lingkungan kampus, sebagai gantinya dosen tersebut mengirim materi melalui e-mail kepada mahasiswanya. Selain itu, mahasiswa mengalami kesulitaan dalam mencari dokumen perkuliahan dikarenakan dokumen tersebut terpisah, ataupun tidak terkumpul dalam satu media. Permasalahan yang sering terjadi dalam e-learning yaitu kurangnya ketertarikan dan perhatian dari peserta. Salah satu strategi menangani permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan gamifikasi ke dalam sistem. Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen permainan serta aturan game pada aktivitas non-game untuk membangkitkan ketertarikan dan memotivasi pengguna. Dalam game, pemain sangat terlibat dengan game yang mereka mainkan, memberi para pemain perasaan senang dan bahagia sehingga mereka akan terus terlibat dan ingin melanjutkan perasaan tersebut. Berdasarkan hal tersebut lembaga pendidikan bisa belajar dari game dalam hal ini. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis fenomena atau kondisi pembelajaran melalui tahapan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Sedangkan pengembangan sistem menggunakan model prototipe dikarenakan tahap-tahap pada model ini dilakukan secara berulang hingga sesuai dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran pada e-learning dengan menerapkan gamifikasi didalamnya. Dengan adanya e-learning diharapkan dapat menunjang kegiatan perkuliahan, menjadi educational tools agar meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran pada Program Studi Teknik Informatika.
Kata Kunci : Pembelajaran, E-learning, Gamifikasi, Kualitatif, Prototipe.


Ketersediaan
#
My Library (Teknik Informatika) A1B 684 MUH p 2019
KTI0005172
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
A1B 684 MUH p 2019
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2019
Deskripsi Fisik
xvi+128 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
005.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
E-Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Asriyanik, M.T.; Pembimbing II: Didik Indrayana, S.T., M.Kom., M.T.A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?