Text
Penerapan Gamifikasi pada E-Learning Program Studi Teknik Informatika
E-learning merupakan metode pembelajaran dengan mentransformasi kegiatan secara terkomputerisasi, seperti penyampaian materi, interaksi ataupun bimbingan. Permasalahan terjadi dalam proses pembelajaran khususnya pada program studi teknik informatika yaitu ketika dosen tidak dapat hadir melakukan kegiatan pembelajaran dikarenakan adanya kepentingan diluar lingkungan kampus, sebagai gantinya dosen tersebut mengirim materi melalui e-mail kepada mahasiswanya. Selain itu, mahasiswa mengalami kesulitaan dalam mencari dokumen perkuliahan dikarenakan dokumen tersebut terpisah, ataupun tidak terkumpul dalam satu media. Permasalahan yang sering terjadi dalam e-learning yaitu kurangnya ketertarikan dan perhatian dari peserta. Salah satu strategi menangani permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan gamifikasi ke dalam sistem. Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen permainan serta aturan game pada aktivitas non-game untuk membangkitkan ketertarikan dan memotivasi pengguna. Dalam game, pemain sangat terlibat dengan game yang mereka mainkan, memberi para pemain perasaan senang dan bahagia sehingga mereka akan terus terlibat dan ingin melanjutkan perasaan tersebut. Berdasarkan hal tersebut lembaga pendidikan bisa belajar dari game dalam hal ini. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis fenomena atau kondisi pembelajaran melalui tahapan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Sedangkan pengembangan sistem menggunakan model prototipe dikarenakan tahap-tahap pada model ini dilakukan secara berulang hingga sesuai dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media pembelajaran pada e-learning dengan menerapkan gamifikasi didalamnya. Dengan adanya e-learning diharapkan dapat menunjang kegiatan perkuliahan, menjadi educational tools agar meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran pada Program Studi Teknik Informatika.
Kata Kunci : Pembelajaran, E-learning, Gamifikasi, Kualitatif, Prototipe.
Tidak tersedia versi lain