Text
Pengeruh Kualitas Layanan dan Akuntabilitas terhadap Pengumpulan Dana Zakat (Studi Kasus pada BAZNAZ Kota Sukabumi)
Panji (1530611113) Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Judul skripsi pengaruh kualitas layanan dan akuntabilitas terhadap pengumpulan dana zakat pada BAZNAS Kota Sukabumi. Pembimbing I sulaeman, S.E., M.Si. Pembimbing II Tina Kartini, S.E., M,.Esy.
Zakat adalah salah satu rukun islam yang di wajibkan bagi setiap umat muslim yang mampu dan kedudukannya sangat penting dalam islam. Bisa dilihat dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 60 yang artinya “Sesungguhnya Zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.”. Organisasi pen gelola zakat (BAZ dan LAZ) adalah institusi yang bergerak dibidang pengelolan zakat. Untuk itu organisai pengelola zakat harus akuntabel dan transparan dalam hal pengelolaan zakatnya begitu juga dalam hal pelayanannya agar pengumpulan zakat sesuai dengan potensi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dan akuntabilitas terhadap pengeumpulan zakat di BAZNAS Kota Sukabumi
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Unit analisis dalam hal ini studi adalah kualitas layanan, akuntabilitas dan pengumpulan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Sukabumi. Metode pengumpulan data yang digunakana adalah metode kuesioner ke muzakki perorangan BAZNAS Kota Sukabumi dengan jumlah respoden 40 orang. Untuk menentukan pengaruh kualitas layanan dan akuntabilitas pada pengumpulan dana zakat kemudian melakukan uji statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 24 for windows, dan teknik analisis datanya juga menggunakan SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukan. Hasil penelitian menunjukan kualitas layanan dan akuntabilitas sudah sangat baik begitupun dengan pengumpulan dana zakat, dan hasil penelitian kuantitatif menunjukan pengaruh kualitas layanan dan akuntabilita sterhadap pengumpulan dana zakat 57,5% dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.
Kata Kunci: Kualitas layanan, Akuntabilitas, Pengumpulan Dana Zakat
Tidak tersedia versi lain