KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pembelajaran Penjas di Alam terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Cijaksi Kabuapten Sukabumi Tahun Akademik 2019/2020
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Pembelajaran Penjas di Alam terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Cijaksi Kabuapten Sukabumi Tahun Akademik 2019/2020

Abdul Azis - Nama Orang;

Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi di sekolah adalah kurangnya motivasi belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah terdapat beberapa aspek yang dapat mempengaruhi turunnya motivasi siswa salah satunya rendahnya kualitas pembelajaran, maupun dari sarana dan prasarana sekolah yang terbatas.
Dalam aspek proses kelemahan terletak pada kegiatan pembelajaran yang kurang mengembangkan keterampilan dasar siswa, sedangkan dari sarana dan prasaran, banyak terdapat alat dan perlatan olahraga yang kurang terurus dan sudah tidak bisa diperbaiki akan tetapi dalam hal sarana terdapat beberapa lapangan dengan pengurusan yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran di alam atau Jelajah Alam Sekitar berbasis kompetensi untuk jenjang sekolah dasar sebagai salah satu alternatif pembelajaran penjas yang efektif. Disamping ingin mengetahui keunggulan dan kelemahan model pembelajaran penjas yang selama ini digunakan guru di sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan ini adalah penelitian dan eksperimen dengan diawali observasi dan survey di sekolah kelas V dan VI mendapatkan permasalahan kurangnya motivasi belajar dalam pembelajaran penjas.
Dari hasil penelitian kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran penjas sebagaimana adanya diketahui memiliki tingkat motivasi melalui pengisian angket dengan nilai rata-rata 66%, selanjutnya untuk kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran di alam dengan materi ajar permainan tradisional (galasin) memiliki tingkat motivasi lebih tinggi dengan nilai rata-rata 81.5%. Perbedaan tersebut merupakan efek dari penerapan perlakuan, efek perlakuan memberikan dampak positif kepada tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Kata-kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran di alam, Hasil belajar siswa


Ketersediaan
#
My Library (PJKR) H1G 318 ABD p 2020
KTI0005288
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1G 318 ABD p 2020
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2020
Deskripsi Fisik
xiii+54 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
796.07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Motivasi Belajar siswa
Penjasorkes
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Wening Nugraheni, M.Pd. ; Pembimbing II: Firman Septiadi, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?