Text
Efektivitas Permainan Tradisional Sondah dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan bermain permainan tradisional dan menganalisis hasil perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini kelompok B TK Islam Al-Fauza yang berusia 5-6 tahun, melalui kegiatan bermain permainan tradisional.
Proses kegiatan permainan tradisional peserta didik di TK Islam Al-Fauza belum dapat mengembangkan kecerdasan jamak salah satunya dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak, karena peserta cenderung kurang percaya diri melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sosialisasi terhadap lingkungan sekitar peserta didik. Oleh karena itu melalui permainan tradisional akan lebih efektif diterapkan disekolah karena melalui permainan peserta didik akan lebih banyak interaksi dengan temannya dan akan lebih meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik sehingga kecerdasan interpersonal peserta didik mampu tumbuh dan berkembang secara optimal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian berupa proses pelaksanaan kegiatan permainan tradisional yang dilakukan sesuai dengan program kurikulum. Berdasarkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan bahwa kegiatan permainan tradisional di TK Islam Al-Fauza dapat dikatakan sudah efektif dan sangat berpengaruh untuk perkembangan kecerdasan interpesonal peserta didik, hal itu dibuktikan dengan perilaku peserta didik dapat berkomunikasi dan bersosialisasi baik dengan teman-temannya dan lingkungan sekitar.
Kata kunci : permainan tradisional.kecerdasan interpersonal
Tidak tersedia versi lain