Text
Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table di Sekolah Dasar
Penelitian melalui model Kooperatif Tipe Round table bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas tinggi sekolah
dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Jumlah siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa terdiri dari
14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan
tes, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada siklus I
memperoleh nilai 66 dengan kategori cukup, sedangkan siklus II memperoleh
nilai 81 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 67
dengan kategori cukup. Siklus II memperoleh nilai 85 dengan kategori baik.
Sedangkan penilaian keterampilan menulis deskripsi siswa pada siklus I
memperoleh 71% dengan kategori baik, dan pada siklus II memperoleh 81%
dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat
disimpulkan bahwa menerapkan model Round table dapat meningkatkan
keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VB di SDN Cimanggah I Kota
Sukabumi Tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci : Model Round table, Keterampilan Menulis Deskripsi.
Tidak tersedia versi lain