Text
Penerapan Model Pair Checks untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Penelitian melalui model Pair Checks bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pembelajaran dan peningkatan sikap toleransi pada siswa. Partisipan siswa yang
diteliti di kelas 5A dalam penelitian yaitu sebanyak 26 siswa. Metode yang
digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model
penelitian MC. Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan,
penelitian, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa,
lembar penilaian sikap, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan aktivitas
guru pada siklus I memperoleh nilai 78 dengan kategori baik, siklus II
memperoleh nilai 90 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I
memperoleh nilai 60 dengan kategori baik, siklus II memperoleh nilai 86 dengan
sangat baik. Sedangkan penilaian sikap toleransi siswa pada siklus I memperoleh
49% dengan kategori cukup, dan pada siklus II memperoleh 97% dengan kategori
sangat kuat. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa
model Pair Checks dapat meningkatkan sikap toleransi siswa.
Kata kunci: Model Pair Checks, Sikap Toleransi, Sekolah Dasar
Tidak tersedia versi lain