Text
Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada
siswa kelas IV pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini (1)
Bagaimana proses penggunaan Model Scramble dalam meningkatkan berpikir
kreatif siswa pada pembelajaran IPA?. (2) Bagaimana peningkatan berpikir kreatif
siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Scramble?
Adapun tujuan penelitian ini untuk, Mendeskripsikan proses penggunaan Model
Scramble dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA dan
Mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA
melalui model Scramble. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis
dan Taggart sebanyak 2 siklus. Alat pengumpulan data dalam Penelitian adalah
tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian pada pretest siswa menunjukkan
ketuntasan belajar yang diperoleh siswa sebanyak 3 siswa (12%), 23 orang siswa
atau (88%) belum tuntas, pada sisklus I terjadi peningkatan perolehan ketuntasan
yaitu sejumlah 16 siswa (62%) dan 10 orang siswa atau (38%) belum tuntas,
selanjutnya pada siklus II memperoleh ketuntasan 24 siswa (92%) dan 2 orang
siswa belum tuntas (8%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif pada siswa kelas IV di SDN 1 Selabintana Kabupaten Sukabumi
tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Scramble
Tidak tersedia versi lain