KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA

Gina Hasbiani K - Nama Orang;

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif pada
siswa kelas IV pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini (1)
Bagaimana proses penggunaan Model Scramble dalam meningkatkan berpikir
kreatif siswa pada pembelajaran IPA?. (2) Bagaimana peningkatan berpikir kreatif
siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Scramble?
Adapun tujuan penelitian ini untuk, Mendeskripsikan proses penggunaan Model
Scramble dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA dan
Mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA
melalui model Scramble. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis
dan Taggart sebanyak 2 siklus. Alat pengumpulan data dalam Penelitian adalah
tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian pada pretest siswa menunjukkan
ketuntasan belajar yang diperoleh siswa sebanyak 3 siswa (12%), 23 orang siswa
atau (88%) belum tuntas, pada sisklus I terjadi peningkatan perolehan ketuntasan
yaitu sejumlah 16 siswa (62%) dan 10 orang siswa atau (38%) belum tuntas,
selanjutnya pada siklus II memperoleh ketuntasan 24 siswa (92%) dan 2 orang
siswa belum tuntas (8%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan
menerapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif pada siswa kelas IV di SDN 1 Selabintana Kabupaten Sukabumi
tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Scramble


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 116 GIN p 2020
KTI0005302
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 116 GIN p 2020
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2020
Deskripsi Fisik
xiii+52 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Berpikir Kreatif
Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Luthfi Hamdani Maula, M.Pd. ; Pembimbing II: Aditia Eska Wardana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?