Text
Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS di Kelas Tinggi
Penelitian melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas tinggi sekolah dasar metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) siswa yang diteliti berjumlah 40 orang siswa kelas V. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes, lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkannya model pembelajaran NHT sebanyak 7 orang siswa (19%) tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 33 orang siswa (83%). Namun setelah menggunakan model pembelajaran NHT pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil pemahaman konsep siswa meningkat. Hasil siklus I menunjukan bahwa sebanyak 15 (38%) siswa tuntas dan sebanyak 25 (62%) siswa belum tunta. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukan bahwa sebanyak 36 (90%) tuntas dan sebanyak 4 (10%) belum tuntas. Peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai (90%) maka dinyatakan tuntas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Pemahaman Konsep
Tidak tersedia versi lain