Text
Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Paired Storytelling
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sikap aktif, kreatif dan berani yang dimiliki siswa merupakan salah satu modal keberhasilan belajar Bahasa Indonesia. Sebagain besar siswa menglami kesulitan dan kurang bergairah dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mendeskripsikan penerapan teknik Paired Storytelling (PS) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa SD, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa melalui teknik PS pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan terakhir refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas 5B SDN Baros Kencana CBM Tahun Pelajaran 2018/2019, subjek dalam penelitian ini berjumlah 40 orang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Olah data dalam penelitian ini menggunakan prosedur administratif dan prosedur subtansif penelitian. Dengan perolehan prosentase pada siklus I rerata kelas 79% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan memperoleh prosentase 100%. Dengan demikian implementasi tindakan pembelajaran melalui teknik PS dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar, peningkatan, keberhasilan, Paired Storytelling
Tidak tersedia versi lain