KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi

Sari Sukma Dewi - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dan peningkatan keterampilan komunikasi melalui model Inside Outside Circle. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap tindakan serta refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4A SDN Cimanggah 1 Kota Sukabumi sebanyak 38 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 April s/d 4 Mei 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar observasi guru dan siswa, lembar angket keterampilan komunikasi, serta bukti dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara teknik kuantitatif deskriptif. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase 78% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata persentase 90% serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 12%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase 60% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata persentase 88% serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 28%. Hasil penelitian pra siklus keterampilan komunikasi memperoleh ketuntasan 26%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 39%. Pada siklus II terus meningkat mencapai ketuntasan 82%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi kelas 4A meningkat melalui penerapan model Inside Outside Circle.
Kata Kunci: Inside Outside Circle; Keterampilan Komunikasi; Sekolah Dasar.


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 125 SAR p 2020
KTI0005311
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 125 SAR p 2020
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2020
Deskripsi Fisik
xiv+74 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sekolah Dasar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Din Azwar Uswatun, M.Pd. ; Pembimbing II:Astri Sutisnawati, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?