KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Pemahaman Konsep PPKN pada Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick
Penanda Bagikan

Text

Meningkatkan Pemahaman Konsep PPKN pada Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick

Nopa Indriani - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep PPKn melalui model kooperatif tipe talking stick. dan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep PPKn siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4-A SDN Baros Kencana CBM kota sukabumi Tahun ajaran 2018/2019 dengan komposisi jumlah laki-laki 15 dan perempuan 25 dengan total seluruhnya 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan postest. Sedangkan teknik non tes berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada pra siklus melalui tes indikator pemahaman konsep menunjukkan ketuntasan pemahaman konsep siswa diperoleh dari presentase keberhasilan secara keberhasilan KKM pada pelaksanaan pra siklus sebesar 28% masih ada pada kategori kurang dan belum memenuhi kriteria keberhasilan . Pada siklus I memiliki ketuntasan keberhasilan KKM sebesar 65% secara umum kemampuan pemahaman konsep siswa dalam kategori cukup dan masih belum mencapai presentase keberhasilan yang telah ditentukan. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 90% dan memiliki kategori sangat baik pada kemampuan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa meningkat melalui model kooperatif tipe talking stick.
Kata kunci: Pemahaman Konsep, Model Talking Stick. Sekolah Dasar


Ketersediaan
#
My Library (PGSD) H1F 127 NOP m 2020
KTI0005313
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
H1F 127 NOP m 2020
Penerbit
SUKABUMI : UMMI., 2020
Deskripsi Fisik
xiii+79 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sekolah Dasar
Model Talking Stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pembimbing I: Astri Sutisnawati, M.Pd. ; Pembimbing II: Dyah Lyesmaya, S.S., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

KARYA TULIS ILMIAH PERPUSTAKAAN UMMI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?