Text
Pengaruh Pengawasan Direktur PDAM terhadap Kualitas Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengawasan Direktur PDAM Terhadap Kualitas Pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti mengenai permasalahan yang terjadi di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi mengenai kurang optimalnya kualitas pelayanan dari para pegawai, diantara nya: 1)Ketepatan waktu dalam pelayanan; 2)Akurasi pelayanan; 3)Kemudahan mendaptkan pelayanan; 4)Variasi model pelayanan; 5)Pelayanan pribadi; 5)Kelengkapan.
Grand Theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori untuk variabel (x) pengawasan dalam Siagian (2014:115) yang terdiri dari dimensi pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Sedangkan untuk variabel (y) kualitas pelayanan yakni menggunakan teori dari Gaspersz (2012:2), yang terdiri dari Ketepatan waktu dalam pelayanan, akurasi pelayanan, kelengkapan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, variasi model pelayanan, pelayanan pribadi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode suvey, dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel insidental dengan anggota populasi sebanyak 86 orang. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat hubungan yang kuat antara variabel pengawasan terhadap variabel kualitas pelayanan dengan koefisien korelasi sebesar (rxy=0,96 dan nilai koefisien determinasi (KD=92,16% serta analisis regresinya adalah Y’=25,24+1,15x.
Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pengawasan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi telah berjalan dengan baik, dengan skor tertinggi pengawasan langsung dengan indikatornya komunikasi langsung dan skor terendah yakni pada dimensi pengawasan tidak langsung; 2) kualitas pelayanan berjalan dengan baik, yakni dengan dimensi yang tinggi pada pelayanan pribadi dengan indikator loyalitas dalam pelayanan, dan skor terendah pada dimensi akurasi pelayanan dengan indikatornya waktu pelaksanaan pelayanan; 3) Terdapat pengaruh pengawasan terhadap kualitas pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi.
Kata Kunci: Pengawasan Direktur, Kualitas Pelayanan PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi
Tidak tersedia versi lain