Perbedaan Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Eksplorasi terhadap Kemampuan Pasing Atas Bola Voli pada Siswa PutraKelas VIII SMP Negeri 3 Tanggeung;
Tehnik dasar permainan bola voli salah satunya adalah pasing, untuk mencapai hasil yang diharapkan saya digunakan gaya mengajar komando dan gaya mengajar eksplorasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada kelompok 1 ( kelompok latihan ) pada pretest dan posttest diproleh thitung = 3.0499> Ttable5% =2.086, yang berarti hipotesis nol ditolak. Dengan demikian dapat disimbulkan bahwa terhadap perbedaab yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok I. Hal ini berarti bahwa kelompok I memiliki peningkatan kemampuan passing atas bola voli yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang diberikan yaitu pembelajaran latihan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada pretest dan posttest pada kelompok 2 ( kelompok bermain ) diperoleh thitung = 4.8261 > Ttable5% 2.086,yang berarti hipotesis nol ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara hasil pada pretest dan posttest pada kelompok 2. Hal ini berarti bahwa kelompok 2 memiliki peningkatan kemampuan passing atas bola voliyang disebabkan oleh proses pembelajaran yang diberikan yaitu gaya mengajar komando. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada hasil tes akhir kelompok 1 ( kelompok Eksplorasi) dan kelompok 2 ( kelompok bermain ) diperoleh thitung = 2.5992 > Ttable5% = 2.086. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tes akhir pada kelompok 1 dan tes akhir kelompok 2. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan, ada perbedaan pengaruh antara penerapan pembelajaran latihan dan bermain terhadap peningkatan keterampilan passing atas pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Tanggeung, dapat diterima kebenarannya.Penerapan gaya mengajar Komando untuk passing atas bola voli menunjukan hasil yang efektif;
Tidak tersedia versi lain