Text
Situs E-Complain sebagai wadah Pengaduan Masyarakat terhadap Kekerasan Perempuan dan Anak Serta Perdagangan Manusia Studi Kasus Women Crisis Center RUSAIDA Kabupaten Sukabumi
Organisasi Women Crisis Center (WCC) Rusaida dimana organisasi ini bergerak dalam ranah sosial yang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan, anak serta perdagangan manusia Dalam menangani kasusnya organisasi Rusaida melakukan wawancara dengan pelapor setelah itu hasil wawancara diverifikasi oleh organisasi Rusaida dengan tujuan untuk mengklasifikasikan pengaduan yang dilaporkan. Dengan layanan E-Complaint yang merupakan layanan dalam jaringan yang berfungsi sebagai tempat pengaduan, diantaranya seperti pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta perdagangan manusia sebagai media pelaporan elektronik (electronic complaint) yang berarti layanan komplain yang dibuat secara elektronik. Elektronik yang dimaksud dapat berupa paperless (tanpa kertas), menggunakan internet sebagai infrastruktur pendukung dan aplikasi berbasis web, desktop, ataupun aplikasi mobile sebagai alat bantu. Aplikasi pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta perdagangan manusia diharapkan mampu menampung pengaduan yang ada .Dalam proses perancangan sistem memakai pendekatan objek menggunakan UML (Unified Modelling Language). Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP. Dibangunnya situs web pengaduan ini, instansi mendapatkan data tentang kasus kekerasan perempuan dan anak serta perdagangan manusia sebagai acuan dalam penanganan kasus.Dengan adanya situs web pengaduan ini proses pengaduan dapat dilakukan dengan lebih optimal.
Kata kunci: WCC,E-complaint, situs web
Tidak tersedia versi lain