Text
Penerapan model pembelajaran JIGSAW berbasis Open Ended Dalam Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII SMP PGRI Karawang tahun ajaran 2015/2016 pada materi segi empat);
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih balk diantara model pembelajaran jigsaw berbasis opewnn-ended, model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif maternal is siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGR! Karawang tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperirnen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperirnen 1 sebanyak 35 siswa, kelas VII C sebagai kelas eksperirnen II sebanyak 35 siswa, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperirnen I menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis Open-Ended, kelas eksperirnen II menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan nontes. Sebelum digunakan, dilakukan uji validftas isL dava pembeda, tingkat kesukaran, dan reliabilhas terhadap instrument tes. Sedangkan metode nontes berupa dokumentasi hasil UTS tahun 2015/2016 yang digunakan untuk menguji keseimbanagan. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji analisis variansi satu jalan dengan set sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenhas dengan metode Bart let, sedangkan uji lanjut pasca anava menggunakan metode Schefee dengan taraf signiflkan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat penerapan model pembelajaran jigsaw berbasis open-ended lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat penerapan model pembelajaran jigsaw dan pembelajaran langsung. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat penerapan model jigsaw lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan penerapan pembelajaran langsung.;
Tidak tersedia versi lain