Text
Implementasi model pembelajaran problem based intruction (PBI) pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (Eksperimen terhadap siswa kelas VII MTS Syarikat islam 2 kalapanunggal tahun ajaran 2015/2016 pada materi segi empat);
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa menggunakan model pembelajaran PBI dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan di MTs SI 2 Kalapanunggal tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah yaitu kuasi ekperimen dengan desain penelitian post-test-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs SI 2 Kalapanunggal tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 200 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Sebelum instrumen tes digunakan, dilakukan uji validitas isi, daya pembeda, tingkat kesukaran dan reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji rerata {Independent sampel t-test) pada taraf a = 0,05 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlet. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBI lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung.;
Tidak tersedia versi lain