Penerapan model pembelajaran think pair share dengan pendekatan contextual teaching and learning pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP (Eksperimen terhadap siswa kelas VII MPN 2 sagaranten tahun ajaran 2015/2016);
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan model yang digunakan, yaitu model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, model pembelajaran Think Pair Share, dan model pembelajaran langsung, serta mengetahui perbandingan ketiga model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment research, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan lembar observasi guru. Analisis data dilakukan dengan uji anava satu jalan dan uji lanjut pesca anava pada taraf a- 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Terdapat perbedaan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS, dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung; (b) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ang memperoleh model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS; (c) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung; (d) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung.;
Tidak tersedia versi lain