Text
Penerapan strategi writing from a prompt dan writing in performance tasks (WPWT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (Eksperimentasi terhadap siswa kelas VIII di SMPN 5 kota sukabumi;
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran WPWT berbantuan alat peraga, strategi pembelajaran WPWT, dan pembelajaran langsung. Juga untuk melihat perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan strategi pembelajaran WPWT berbantuan alat peraga, strategi pembelajaran WPWT, dan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sukabumi tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh 3 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dengan strategi pembelajaran WPWT berbantuan alat peraga, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen II dengan startegi pembelajaran WPWT, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen tes berupa soal uraian berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan instrumen non-tes berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan pre-test dan pos-test dengan uji anava satu jalan dan uji pasca anava. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari pembelajaran yang dilaksanakan, yaitu strategi WPWT berbantuan alat peraga, WPWT, dan pembelajaran langsung; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat penerapan strategi WTWP berbantuan alat peraga lebih baik daripada siswa yang mendapat penerapan strategi WPWT; 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat penerapan startegi WPWT berbantuan alat peraga lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; 4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat penerapan strategi WTWP lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung;
Tidak tersedia versi lain