Text
Pemanfaatan media audio visual dengan metode problem solving berbasis diskusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pelajaran PAI kelas VII di SMP daarul falaah;
Penelitian yang berjudul Pemanfaatan Media Audio Visual dengan Metode Problem Solving Berbasis Diskusi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Daarul Falaah" prestasi belajar yang diukur pada penelitian ini adalah aspek kognitif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dan kurangnya interaksi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Maka dengan memanfaatkan media audio visual dengan metode problem solving berbasis diskusi sebagai alternatif pemecahan masalah. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Daarul Falaah Cisaat tahun ajaran 2014-2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yang telah ditentukan yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur prestasi belajar siswa aspek kognitif berbentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal yang diberikan di awal dan akhir pembelajaran serta angket untuk mengetahui respon/tanggapan siswa terhadap pemanfaatan media audio visual. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual dengan metode problem solving berbasis diskusi mempunyai peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut diperoleh dari hasil uji signifikansi menggunakan uji t terhadap nilai N-Gain
Tidak tersedia versi lain