Text
Pengaruh penerapan video pembelajaran menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SD negeri 4 caringin kabupaten sukabumi;
Belajar Bahasa Inggris pada usia anak-anak memiliki keunggulan baik secara biologis maupun secara psikologis. Berangkat dari keunggulan tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menetapkan Bahasa Inggris sebagai muatan lokal yang mulai diajarkan di kelas 4 sekolah dasar. Dalam beberapa tahun terakhir pelaksanaannya, pengajaran Bahasa Inggris masih banyak menyisakan permasalahan yang memerlukan penanganan yang lebih serius. Tulisan ini membahas tentang keunggulan pengajaran Bahasa Inggris pada usia anak-anak dan berbagai kendala yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Dengan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.rnBerdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap penerapan video pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (pembelajaran konvensional) tingkat keberhasilan belajar siswa hanya mencapai 45%, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas ini mengalami kenaikan hasil belajar seperti pada siklus I nilai apektif sebesar 52,5%, nilai kognitif sebesar 55%, dan nilai psikomotor 62,5%. Sedangkan pada siklus yang ke II, nilai apektif sebesar 62,5%, nilai kognitif sebesar 67,5%, dan nilai psikomotor 80%. Kemudian pada siklus III, nilai apektif sebesar 85%, nilai kognitif sebesar 87,5%, dan nilai psikomotor 92,5%. dari hasil evaluasi tersebut bahwa penerapan video pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.rn;
Tidak tersedia versi lain