Text
Pengaruh strategi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (Persero) unit pelayanan dan jaringan cibadak sukabumi;
PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi adalah perusahan perseroan Negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan dalam sektor pembangkitan, transmisi dan distribusi tenaga listrik di seluruh wilayah Cibadak baik untuk kalangan industry komersial, rumah tangga dan maupun umum; Permasalahan yang dihadapi oleh PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi adalah pada kepuasan pelanggan, yaitu strategi dan kualitas pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pelanggan. Masalah tersebut disebabkan oleh strategi dan kualitas pelayanan yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui gambaran strategi pelayanan PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi* mengetahui gambaran kualitas pelayanan PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi,mengetahui gambaran kepuasan pelanggan PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi dan untuk mengetahui pengaruh strategi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Cibadak Sukabumi.rnObjek penelitian ini adalah strategi pelayanan (variabel Xi), kualitas pelayanan (Variabel X2) dan kepuasan pelanggan (variabel Y). Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawaneara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi ganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel Xi dengan X2 secara bersama-sama dengan variabel Y, besar pengaruh variabel Xi dan X2 terhadap variabel Y menggunakan koefisien determinasi, pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) menggunakan uji hipotesis F.rnBerdasarkan hasil penelitian, tingkat strategi pelayanan berada pada tingkat cukup baik dan baik, tingkat kualitas pelayanan berada pada tingkat cukup baik dan baik, tingkat kepuasan pelanggan pada tingkat cukup baik dan baik. dan besarnya pengaruh strategi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 69,7%. Sedangkan sisanya sebesar 30,3%, dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa strategi dan kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan, walaupun yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan.rn;
Tidak tersedia versi lain