Text
Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Smp;
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada perbedaan antara pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui manakah yang lebih baik antara model pi —f»I ij n in TPS dengan pendekatan CTL, model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung. 3) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Surade tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang dipilih secara acak kelas. Alat pengumpulan data yang n%mi ii in adalah instrumen tes berbentuk uraian. Sebelum digunakan, melakukan uji coba instrumen yang meliputi validitas isi, daya pembeda, indeks kesukaran dan reliabilitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dari hasil analisa data menggunakan anava satu jalan sel tak sama a = 0,05 diperoleh Fobs= 46,04 > Fn = 3,15 yang berarti Ho ditolak, sehingga ketiga model memiliki perbedaan. (2) Dengan menggunakan uji komparasi ganda diperoleh Fa*, ui r, U2 = 16,16, Fob* Hi vs U3 = 91,47, dan Fobs ^2 vs H3 = 28,86 dengan daerah kritis 6,3. Maka berdasarkan pen gam bi Ian keputusan Ho ditolak, sehingga model TPS dengan pendekatan CTL lebih baik dari model TPS dan model pembelajaran langsung, sedangkan model TPS lebih baik dari model pembelajaran langsung. (3) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rerata N-gain adalah 0,4335, menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model TPS dengan pendekatan CTL dalam kategori peningkatan sedang.;
Tidak tersedia versi lain