Text
Peninhkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP IT Al A'raf tahun pelajaran 2015/2016);
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pern ah am an konsep dan berpikir kritis siswa yang be 1 ajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dan juga untuk mengetahui adakah korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP IT Al A'raf yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yaitu kelompok kontrol non-ekuivalen. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t kemampuan pemahaman konsep diperoleh nilai thltung 4,1043 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dan ttabei 2,0484. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Sementara berdasarkan analisis data menggunakan uji-t kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai tutung 2,2724 dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dan ttabei 2,0484. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kemudian Berdasarkan analisis data menggunakan uji korelasi pearson diperoleh nilai tiling 0,9965 dengan taraf signifikan sebesar 0,50 dan ttabei 0,6920. Hal ini menunjukan bahwa ada korelasi antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa pada penggunaan model pembelajaran CTL.;
Tidak tersedia versi lain