Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP (Penelitian juasi eksperimen pada kelas VII di SMP Negeri 2 pabuaran tahun ajaran 2015/2016;
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 2 Pabuaran. Hal tersebut dapat diketahui dari hasi wawancara dengan guru matematika bahwa terdapat hampir 76% siswa mendapat nilai kurang dari KKM. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) merupakan pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah secara mandiri oleh siswa dengan karakteristik adanya proses pembelajaran berbagi informasi dan berdiskusi dengan teman kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Desain penelitian yang digunakan adalah desain post-test-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Pabuaran tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan cara tes yang kemudian dianalisis dengan uji rerata {Independent sampel t-test) pada taraf oc 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung.;
Tidak tersedia versi lain