Text
Penerapan model pembelajaran nthink pair share (TPS) dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) dalam pemahaman konsep matematis siswa SMP;
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian posttest-only control group design yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematis siswa yang lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cisaat tahun ajaran 2015/2016. Dengan teknik Cluster Random Sampling terpilih tiga kelas sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TPS dengan pendekatan RME, kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran TPS, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan masing-masing berjumlah 34 siswa. Analisis data awal dan posttest menggunakan uji anava satu jalan dan uji pasca anava. Berdasarkan hasil analisis uji anava dan uji lanjut anava menunjukkan bahwa Fining > Ftabei, sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga model pembelajaran yang digunakan memberikan efek yang berbeda terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran TPS dengan pendekatan RME lebih baik daripada model pembelajaran TPS dan model pembelajaran langsung.;
Tidak tersedia versi lain