Text
Penerapan model problem-based learnig (PBL) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP (Penelitian kuasi eksperimen pada kelas VIII tahun ajaran 2014/2015 di SMPN 1 Gegerbitung);
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan model yang digunakan, yaitu model problem-based learning berbantuan alat peraga, model problem-based learning, dan pembelajaran langsung, serta mengetahui perbandingaan ketiga model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.rnMetode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment researc/?(penelitian kuasi eksperimen). Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahc/«.vte/* random sampling, yaitu teknik mengambil sampel secara acak kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan alat peraga, serta lembar observasi keterlaksanaanpembelajaran problem-based learning. Analisis data dilakukan dengan uji anava dan uji lanjut anava satu jalandengan sel samapada taraf a= 5%.rnHasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar dengan model problem based learning berbantuan alat peraga, model problem based learning, dan pembelajaran langsung; (b) Kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar dengan model problem based learning berbantuan alat peraga lebih baik dari pada siswa yang belajar denganmodel problem based learning;(c) Kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar denganmodel problem based learning berbantuan alat peraga lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaraan langsung; dan (d) Kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar dengan model problem based learningebih baik dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaraan langsung.rn;
Tidak tersedia versi lain