Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi multimedia audio-visual berbasis karakter berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok kelas. Penelitian dilakukan sebanyak satu kali pertemuan dalam proses pembelajaran, satu kali pre-test, dan satu kali post-test pada masing-…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V, dikarenakan kurangnya rasa percaya diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan media audio visual pada mata pelajaran IPS. jenis penelitian yang digunakan…
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN 01 SELABINTANA Kab. Sukabumi) Ambarwati1, Andi Nurochmah2, Dyah Lyesmaya3 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email : ambarwati270197@gmail.com ABSTRAK Penelitian …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi dengan subjeck penelitian berjumlah 60 siswa (30 siswa dikelas eksperimen (VII A) dan 30 siswa dikelas kontrol (VII H)). Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain …