ABSTRAK Rocket League merupakan salah satu game yang populer saat ini, memiliki permainan yang unik dan tingkat kesulitan yang bervariasi membuat banyak orang memainkan game ini. Namun tidak sedikit juga yang tidak bermain karena merasa tidak cocok atau bahkan tidak tahu apa itu Rocket League. Oleh karena itu penulis membuat aplikasi ini dengan tujuan untuk mengenalkan sekaligus memberikan inf…
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penenerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap motivasi belajar peserta didik dan mendeskripsikan proses pembelajaran peserta didik melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada materi gerhana bulan dan gerhana matahari di kelas VI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PT…
ABSTRAK Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merupakan program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia yang dikhususkan bagi penutur asing. Peminat BIPA dari hari ke hari semakin bertambah, namun berdasarkan survei yang dilakukan ketersediaan media pembelajaran digital masih sangat kurang. pemb…
ABSTRAK Kemajuan teknologi sebagai sarana hiburan (game) ini memiliki banyak dampak negatif pada kehidupan manusia, khususnya terjadi pada anak-anak. Terlepas dari kekurangan sebenarnya game dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yaitu game dengan genre edukasi. Game edukasi lebih mengacu pada isi dan tujuan dari game. Game ini bertujuan memancing minat belajar anak sambil bermain.Hal terse…
ABSTRAK GAME EDUKASI PETUALANGAN MENCARI KEBUDAYAAN SUNDA Oleh : Fuad Bihar Irfany 1430511043 Tujuan penelitian ini adalah untuk Membuat Game edukasi kebudayaan Sunda untuk Mendukung pendidikan dalam mempelajari kebudayaan Sunda dengan memberikan media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, Meningkatkan minat masyarakat khususnya pelajar untuk mempelajari dan mengenal kebudayaan Sun…
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGI) PADA SISWA SEKOLAH DASAR Erlina Nur Fitriani Email: erlinanurfitriani@gmail.com Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMMI ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model pembelajaran TGT dan peningkatan kemampuan berhitung siswa…
ABSTRAK Game Edukasi Tarik Sampah Berbasis Android merupakan salah satu media pembelajaran yang ditunjukan untuk mempermudah memahami tentang jenis-jenis sampah. Penelitian ini dibuat karena melihat kondisi dilapangan bahwa banyak sampah yang dibuang tidak sesuai dengan tempat sampah yang seharusnya. Maka dari itu dibuat sebuah game edukasi cara membuang sampah pada tempatnya sehingga anak…
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MICROSOFT POWER POINT 2013 SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL (Studi Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Sukalarang) Oleh : SYIFA FAUZIAH 3171311011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis microsoft power point 2013 untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK N 1 Sukalarang, mengetahui kelayakan game edu…
ABSTRAK Dcwasa ini pencbangan pohon mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan penduduk. Fakta tersebut menunjukan bahwa perilaku masyarakat belum mempedulikan kelestarian lingkungan. Peran masyarakat yang cukup penting yaitu menanamkan kesadaran pentingnya reboisasi, kebiasaaan menanam pohon dilingkungan tempat tinggal. baik diperkarangan rumah atau dipinggir-pinggir jalan. Kebiasaan …