Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui media wayang sukuraga berbasis 5 karakter di kelas tinggi SDN Selabintana Wetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain model siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Selabintana Wetan yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua s…
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan bercerita melalui penerapan media gambar seri dan penerapan media gambar seri untuk membantu meningkatkan keterampilan bercerita siswa di kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap…
Penelitian ini berjudul “Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi “ Diantara contoh sikap tanggung jawab tersebut adalah sebagian besar peserta didik ketika selesai mengerjakan tugas atau selesai bermain tidak mengembalikan barang ketempat semula karena bosan atau lelah. Kondisi ini menuntut guru un…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran boneka jari kertas terhadap keterampilan berbicara di kelas rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan desain Nonquivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IIIA dan Kelas IIIB SDN Baros Kencana CBM Kota Sukabumi. Pengumpulan data yang dil…
PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP PEMAHAMAN UNSUR CERITA ANAK DI KELAS RENDAH Oleh Ari Sundari Solih 1431611059 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media big book berbasis karakter terhadap pemahaman unsur cerita anak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Selaawi pada kelas III Semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini…
Penelitian ini mencari pengaruh dalam pembelajaran bercenta, dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia bercenta masih perlu perhatian lebih, karena pembelajaran bercerita masih kurang motivasi dari guru dalam menggunakan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan kinerja belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples untuk mencari peng…