Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deksripsi melalui penerapan media wayang sukuraga dan penerapan media wayang sukuraga untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi di kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklu…
Penelitian melalui model Kooperatif Tipe Round table bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes, lem…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara sunda melalui media audio visual di kelas tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Melalui 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah siswa kelas 5D yang berjumlah 27 siswa. Alat pengumpulan data m…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan keterampilan menulis eksposisi dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis eksposisi melalui model pembelajaran Example Non Example pada siswa di kelas tinggi sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain peneli…
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DRAMA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIKEMBAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Kustinah 1531311020 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cikemba…
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEN I LIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA FILM ANIMASI DI KELAS TINGGI Oleh Ana Uswatun Hasanah 1431611053 Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email: anauswatunhasanah? I7(a)gmaiL com ABSTRAK Penelitian ini beitiijuan iintuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media film animasi di kelas tinggi pada siswa kelas V…
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan menulis puisi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Menulis di Sini dan Saat ini dalam pembelajaran menulis puisi, juga untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas tinggi melalui strategi Menulis di Sini dan Saat Ini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian…
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV-A SDN 01 SELABINTANA Kab. Sukabumi) Ambarwati1, Andi Nurochmah2, Dyah Lyesmaya3 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email : ambarwati270197@gmail.com ABSTRAK Penelitian …
PENGARUH MEDIA FILM KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARAKANSALAKKABUPATEN SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SILVIA NURKARIMAH 063131111023 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan awal siswa ke…