ABSTRAK Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui profil sikap ilmiah siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi ekosistem menggunakan satu kelas penelitian yaitu pada kelas VII-A yang ditentukan secara purposive sampling. Perolehan data sikap ilmiah dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian diri serta angket siswa. Hasil penelitian ini menunju…
Peneiitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media animasi terhadap hasil belajar kogniiif siswa pada konsep gerak tumbuhan. Subjek dalam peneiitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Kota Sukabumi Kelas VIII B dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII C dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam peneiitian ini ad…
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis struktur kognitif siswa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Khalifah Boarding School Kabupaten Sukabumi dengan subjek penelitian kelas VIII dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen pengum…
Penelitian ini bcrtujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan model pembelajaran langsung dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitianposttest only control design. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas d…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan suasana kelas yang kurang kondusif saat proses pembelajaran berlangsung. Model learning cycle 7E digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII-F di SMPN 6 Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang…