Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi di sekolah adalah kurangnya motivasi belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah terdapat beberapa aspek yang dapat mempengaruhi turunnya motivasi siswa salah satunya rendahnya kualitas pembelajaran, maupun dari sarana dan prasarana sekolah yang terbatas. Dalam aspek proses kelemahan terletak pada kegiatan pembelajaran y…
Penelitian ini berjudul Pengaruh Computer Based Instruction (CBI) Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Terhadap Mata Pelajaran TIK Di SMP Negeri 11 Kota Sukabumi". Hasil belajar yang diukur pada penelitian ini adalah Ranah Kognitif siswa yang terdiri dari empat aspek yaitu CI (Mengetahui)
ABSTRAK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 3 Siti Ardianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sukabumi E-mail: Sitiardianti208@gmail.com Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas III SDN 1 Cikembar. Penelitian ini b…
MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR Resti Firliyani Ismillah 1431611027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas IV SD dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif si…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas tinggi sekolah dasar melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Prosedur penelitian memiliki 4 tahap dalam satu siklus atau biasa disebut dengan siklus yang berulang, komponenkomponen tersebut …
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO, mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi siswa berkemampuan pemahaman konsep tingkat rendah dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Taksonomi SOLO dan mendeskripsikan alternatif solusi bagi siswa yang berkemampuan pemahaman ko…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis komik strip dengan metode guided discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA. Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan ini ditinjau dari tiga aspek, yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ku…
Penelitian ini memiliki tujuan : 1). mengetahui proses mengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 Professional, 2). mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 Professional, 3). mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif ini. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmemt…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa pada langkah-langkah pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan dua kali, pertama menggunakan instrumen angket kecerdasan logis-matematis dan dipilih tiga orang sebagai subjek penelitian dengan tingkatan kecerd…