Text
Pengaruh Metode Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Sukabumi Tahun Pelajaran 2014/2015;
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan metode konstruktivisme dan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswa. Keterampilan menulis yang tidak diimbangi dengan praktik menjadi salah satu faktor kurang terampilnya siswa dalam menulis. Hal ini menyebabkan kurangnya kebiasaan menulis siswa sehingga mereka sulit menuangkan ide mereka dalam bentuk tulisan.
Siswa pada sekolah menengah pertama seharusnya sudah lebih dapat untuk mengekspresikan gagasan, pikiran, dan perasaannya secara tertulis. Namun pada kenyataannya, kegiatan menulis belum sepenuhnya terlaksana. Menyusun suatu gagasan, pendapat, dan pengalaman menjadi suatu rangkaian berbahasa tulis yang teratur, sistematis, dan logis bukan merupakan pekerjaan mudah, melainkan pekerjaan yang memerlukan latihan terus-menerus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukabumi dengan subjek penelitian siswa kelas VII D. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah instrumen tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest 71.25 lebih baik dari rata-rata pretest 60.125, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dilihat dari nilai Gain. Hasil perhitungan akhir uji t menunjukan nilai thmmg 12.642 > ttabei 2.0227. Kriteria pengujian H0 ditolak jika tuning > Wi- Maka H0 ditolak, yang berarti thitung > ttabei, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata dari hasil pretest dan posttest. Pada hasil posttest terlihat bahwa ada peningkatan yang lebih baik. Pada hasil akhir penelitian diketahui bahwa metode konstruktivisme memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa.
Tidak tersedia versi lain