Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanasan Global Di SMP Negeri 7 Kota Sukabumi;
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil apakah terdapat pengaruh pembelajaran tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar pada konsep Pemanasan Global. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen, dengan subjek penelitian yang diambil sebanyak dua kelas yang sebelumnya sudah ditentukan yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya sebanyak 30 soal yang terdiri dari 4 indikator yang meliputi jenjang kognitif C1-C3. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Z untuk menguji normalitas data. Uji F untuk menguji homogenitas dan uji Wilcoxcon untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 84 dan kelas kontrol adalah 53. Hasil perhitungan menggunakan uji Wilcoxcon menggunakan Whitung 36 < Wtabei 108. Maka Ho di ditolak dan Hi diterima yakni pembelajaran tipe Numbered Head Together berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi pada konsep pemanasan global. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa.;
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain