ABSTRAK Sri Handayani : Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Menggunakan Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan Pembelajaran Langsung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara Contextual Teaching and Learning, Think Talk Write, dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelit…
ABSTRAK Penelitian eksperimen ini berjudul "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur meliputi: kepekaan, berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir asli, berpiki…
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 4 SMAN 1 Surade yang berjumlah 78 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental,…
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gangguan Sistem Eksresi" yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media komik pada materi gangguan sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semest…
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada mata pelajaran biologi yang dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan sampel dua kelas yaitu pada kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C dijadikan kelas kontrol yang dit…
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah ada perbedaan antara pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui manakah yang lebih baik antara model pi —f»I ij n in TPS dengan pendekatan CTL, model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung. 3) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TPS dengan pe…
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih balk diantara model pembelajaran jigsaw berbasis opewnn-ended, model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif maternal is siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGR! Karawang tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan yaitu metode kuasi eksperirnen. Sampel yang digunakan dalam …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa menggunakan model pembelajaran PBI dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan di MTs SI 2 Kalapanunggal tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah yaitu kuasi ekperimen dengan desain penelitian post-test-only control group design. Populasi dala…