Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dan pada siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan ti…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Yang menghasilkan kelas eksperimen (kelas …
ABSTRAK Patra Kusuma Rahayu: Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Persoalan Open-ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Koneksi matematis tercantum dalam Tujuan Pembelajaran Matematika baik pada KTSP 2006 maupun Kurikulum Matematika 2013. Selain itu, NCTM (2000) mengemukakan bahwa koneksi matematis merupakan satu kompetensi dasar matematis yang perlu dikembangkan pada s…
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tunas Harapan Kabupaten Sukabumi) Oleh Siti Shitia Hamdayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email : Sitishintia@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan …
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SEKOLAH DASAR Halimatu sa’diyah1, Arsyi Rizqia Amalia2, Aditia Eska Wardana3 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email: Halimatusadiyah179@gmail.com 1 Mahasiswa, 2, 3 dosen PGSD FKIP UMMI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa mel…
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA DI KELAS TINGGI Amelia1, Astri Sutisnawati2, Din Azwar Uswatun3 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar1), Universitas Muhammadiyah Sukabumi2),3) amelism21@gmail.com, astri212@ummi.ac.id, dinazwar@ummi.ac.id Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa …
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENYAMPAIKAN INFORMASI DI KELAS TINGGI Oleh Desti Widiyanti 1431611007 Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email : destiwidiya1995@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas V-3 dalam menyampaikan informasi yang mereka da…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran circuit learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran circuit learning dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Su…
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca notasi angka pada siswa kelas IV pada pembelajaran SBdP, dikarenakan siswa tidak pernah belajar bagaimana cara membaca notasi angka. Adapun tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan membaca notasi angka pada pembelajar…
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca puisi melalui model Quantum Teaching pada siswa di kelas tinggi sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua si…