Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan level taksonomi SOLO pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas VIII C SMP Al-Isma’iliyah pada tahun ajar 2018/2019 sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen tes dalam penelitian ini berbentuk soal u…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa pada langkah-langkah pemecahan masalah ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan dua kali, pertama menggunakan instrumen angket kecerdasan logis-matematis dan dipilih tiga orang sebagai subjek penelitian dengan tingkatan kecerd…
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TANGGA SATUAN PANJANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS TINGGI Oleh Maria Lufita NIM 1431611079 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran tangga satuan panjang berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen ya…
KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS BUDAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA Anita Mawarni 1431411011 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan dari pembelajaran serta membandingkan antara menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis budaya, model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi pada…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran WPWT berbantuan alat peraga, strategi pembelajaran WPWT, dan pembelajaran langsung. Juga untuk melihat perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan strategi pembelajaran WPWT berbant…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL dkolaborasikan dengan NHT dengan pembelajaran PBL dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Parakansalak dan yang menjadi sa…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan model yang digunakan, yaitu model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, model pembelajaran Think Pair Share, dan model pembelajaran langsung, serta mengetahui perbandingan ketiga model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masal…