ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Yang menghasilkan kelas eksperimen (kelas …
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR Oleh Kiki Meilina 1431611015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model Problem Based Learning terhadap proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan proses sains siswa di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Ti…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ku…
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Oleh Novi Nur’Alivia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi Email :novinuralivia08@gmail.com ABSTRAK Permasalahan yang terjadi di kelas IV SD Negeri Ranji Kabupaten Sukabumi adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang ditandai de…
ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SEKOLAH DASAR Oleh Dwi Agustie Khaerunnisa 1431611009 Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V-A pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model problem based learning dalam mata…
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Flipped Classroom terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa SMA. Pengambilan sampel penelitian dengan cara Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu dari guru Biologi. Kelas eksperimen diberlakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Lear…
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 4 SMAN 1 Surade yang berjumlah 78 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental,…
ABSTRAK Penelitian ini berjudul " Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Sub Materi Pencemaran Air". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan generik sains siswa dengan menggunakan model PBL pada materi pencemaran air. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 10 Kota Sukabumi dengan jumlah siswa 68 or…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan memecahkan masalah melalui model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Kota Sukabumi kelas XI IPA 3 dengan jumlah 30 orang semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode…